Mari Kemari Kawan !!

Hermanus Rangga Nduru Mana:

 

Hermanus Rangga Nduru Mana adalah mantan pencuri yang berhasil mengubah jalan hi-dupnya. Dua tahun terakhir bapak 5 anak ini tidak lagi mencuri (kedu). Perubahan dia berawal ke-tika mendengar dan menyaksikan banyak orang bercerita tentang kegiatan pembangunan Umma Peghe di Kampung Ghombol yang digagas warga sendiri dengan bergotong-royong. Rumah itu dibuat sebagai tempat orang ber-kumpul. Ini awal keterlibatannya.

Alasan mendasar Herman berubah karena anak-anaknya sudah besar dan cukup mengerti bahwa pekerjaan dirinya tidaklah terpuji. Herman juga pernah mengajak teman-teman untuk berubah. Usahanya tidak sia-sia. Ia berhasil mengajak beberapa temannya berubah. “Kemudian kami didampingi, diajak membentuk kelompok dan mengikuti berba-gai kegiatan, misalnya diskusi-diskusi tentang pengolahan lahan dan peningkatan ekonomi”, ungkapnya.

Lebih jauh, ia katakana, saat ini dia mulai bertani, me-manfaatkan lahan yang dimiliki. Dia mengaku, sekarang dia tidak kesusahan makan lagi, tidak per-lu jalan malam lagi untuk menafkahi kelu-arga. “Sekarang ka-mi merasa aman, te-nang dan tidak susah lagi memikirkan makanan”, ujarnya. Persediaan makanan keluarganya bisa sampai panen berikutnya (jagung). “Mimpi saya, nantinya anak saya harus kuliah agar dia bisa hidup jauh lebih baik dari kami”, pungkasnya (IS).

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *