TAHUN LAUDATO SI

 MENANAM POHON, MERAWAT BUMI!

 

Penyerahan simbolik anakan pohon dari Persemaian Permanen Wairasa kepada YPK-Donders, Foto @Rubo_Allwyn

Yayasan Pengembangan Kemanusiaan Donders sedang gencar mengkampanyekan seruan Paus Fransiskus “Laudato Si”. Kampanye ini diterjemahkan dalam karya nyata merawat bumi dengan menanam semakin banyak pohon. Dengan tujuan mulia merawat bumi ini, Donders difasilitasi oleh Ricky Bili, dari Dinas Lingkungan Hidup Sumba Tengah, akhirnya bisa menjalin kerja sama dengan Persemaian Permanen Wairasa, di bawah naungan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Benain Noelmina Kupang. Kerja sama ini dimulai pada hari ini, Rabu 16 Desember 2020.

Tahun 2020, Persemaian Permanen Wairasa dengan luas 1 hektar memproduksi 15 jenis tanaman yakni cendana, pinang, kelor, flamboyan, trembesi, gemelina, sengon, kadimbil (merbau), sirsak, rambutan, durian, sakura sumba (tringguli), Ketapang kencana, asam jawa, dan jambu mete. Minat masyarakat lebih banyak pada pohon buah-buahan. Sedangkan Tanaman kehutanan masih cukup rendah, tetapi juga karena masih ada yang kecil dan belum bisa didistribusi sehingga peminat harus menunggu sampai Januari 2021. Pada januari 2021 juga akan ada satu produksi benih baru yakni Jabon.

 

Penyaluran bibit ini adalah penyaluran untuk seluruh Sumba, baik individu maupun kelompok. Sangat diharapkan agar semakin banyak orang di Sumba mengetahui keberadaan Tempat Persemaian Permanen Wairasa ini supaya dengan kesadaran penuh untuk turut mengambil bagian dalam aksi menghijaukan Bumi Marapu. Persyaratan yang dibutuhkan adalah peminat menyiapkan surat permohonan dan fotokopi KTP, sedangkan pihak peresemaian akan menyiapkan berita acara serta surat pernyataan. Untuk jumlah pengambilan benih, 25 benih untuk satu KTP. Tetapi akan diberi kesempatan seluas-luasnya bagi orang atau Lembaga yang memiliki semangat dan komitmen yang kuat untuk menanam sesuai dengan luasnya lahan yang akan ditanam.

Lymson, yang sudah 4 tahun menjadi staf administrasi pada Persemaian Permanen Wairasa merasa sangat gembira dan optimis dengan kerja sama yang dibangun ini. “Kami sangat senang bahwa Lembaga Donders bisa membantu kami dalam hal menanam dan merawat Sumba untuk semakin hijau. Kami mengharapkan kerja sama ini akan berlanjut, karena kami butuh orang-orang yang berkomitmen kuat untuk menghijaukan Sumba. Soal benih, jangan takut. Benih yang kami produksi dibagikan secara gratis kepada setiap orang di Pulau Sumba ini. ”

Demikian pula dengan P. Mikhe Keraf, CSsR, Direktur YPK Donders. “Kami memang terlambat mendapatkan informasi tentang benih-benih pohon berbuah dan tanaman kehutanan yang didistribusikan gratis oleh Persemaian Permanen Wairasa. Tetapi kami optimis bahwa kita belum terlambat untuk menghijaukan bumi kita.”

Tahun 2019, Donders bekerja sama dengan PLN menanam 6000 pohon berbuah di sepanjang sungai Lokomboro. Dan tahun ini Donders akan menanam kelor, cendana, Merbau, dan Flamboyan. Lokasi yang akan ditanam adalah di Pantai Oga – desa Pogotena, Wanno Donders – Kalembu NgaA Bangga, dan di Bukit Dullo desa Tematana.

“Mari kita merawat bumi dengan menanam semakin banyak pohon. Setiap jengkal tanah kita yang kosong harus ditanami dengan pohon berbuah atau tanaman hijau. Sebab, dengan menanam semakin banyak pohon, kita mengambil bagian dalam memperpanjang usia Bumi kita.” (Ubas)

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *